INOVASI GURU MAN 7 JOMBANG DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI

Siti Muslihatul Mukaromah, S.Hum, M.A

Guru Madrasah Aliyah Negeri 7 Jombang

sitimmuslihatul@gmail.com

Pendidikan merupakan faktor penting bagi suatu negara untuk meningkatkan peradaban maju menuju kesuksesan. Dalam upaya mendukung pendidikan, Pemerintah Indonesia secara khusus menerbitkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003 pasal 1 ayat 1. Pasal tersebut berbunyi “pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Usaha ini bertujuan agar peserta didik memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan agama” (Fahmanisa, 2016). Berdasarkan undang-undang sistem pendidikan nasional tersebut menunjukkan bahwa Pemerintah Indonesia sangat serius dalam upaya meningkatkan pendidikan bagi generasi bangsa agar menjadikan Indonesia sebagai negara maju dan berakhlak mulia.

Sejak awal tahun 2020, musibah wabah virus melanda dunia. Coronavirus Disease 19 atau disebut virus corona masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020. Pemerintah Indonesia saat itu dengan segera melakukan tanggap darurat untuk mencegah penyebaran virus corona di masyarakat Indonesia. Beberapa kebijakan pemerintah mulai dari ekonomi, perhubungan, pendidikan, hingga pariwisata diatur dengan melalui aturan adaptasi baru. Pada bidang pendidikan, Pemerintah Indonesia menggunakan metode belajar online menggunakan PJJ atau pembelajaran jarak jauh. Internet dan media online menjadi media utama yang dijadikan guru untuk memberikan pengajaran kepada peserta didik selama tatap muka belum diperbolehkan pemerintah.

Konsep media menurut Sudirman adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan pesad dari pengirim ke penerima, dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa (Sudirman, 2012). Media online, sebagai media pembelajaran jarak jauh harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menarik perhatian siswa sehingga meskipun tidak dikelas, namun siswa tetap dapat menumbuhkan semangat belajar  dan mampu menguasai materi pelajaran dari rumah.

Guru sebagai pendidik dan melakukan pembelajaran jarak jauh, dituntut untuk meningkatkan pelayanan dan inovasi pembelajaran yang menarik, efektif dan menyenangkan. Siswa yang terbiasa dengan tatap muka, harus didorong untuk semangat belajar meskipun menggunakan pembelajaran jarak jauh. Khususnya di siswa siswi setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA), guru harus memberikan inovasi pembelajaran sesuai dengan lingkungan siswa tersebut bergaul yaitu variatif, inovatif, dan menarik. Hal ini dikarenakan guru tidak lagi bisa memantau siswa secara penuh seperti halnya saat belajar di kelas.

Di Kabupaten Jombang, Madrasah Aliyah Negeri 7 (MAN 7) merupakan salah satu madrasah yang juga menerapkan pembelajaran jarak jauh. Menurut Surat Edaran Kementerian Agama melalui Surat Nomor B-686.1/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/03/2020 yang ditandatangani oleh Direktur Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, berisi beberapa ketentuan untuk melakukan proses pembelajaran dari rumah bagi siswa-siswi madrasah. Mematuhi himbauan surat edaran tersebut, maka MAN 7 Jombang beserta para pegawai di lingkungannya melaksanakan aturan sesuai edaran yang berlaku.

Selanjutnya, guru-guru di MAN 7 Jombang melakukan pembelajaran jarak jauh kepada siswa-siswi madrasah setelah surat edaran tersebut diberlakukan. Disediakannya aplikasi e-learning, yaitu aplikasi produk madrasah yang ditujukan untuk proses pembelajaran juga dimanfaatkan secara maksimal oleh guru-guru MAN 7 Jombang. Meskipun demikian, pembelajaran jarak jauh menggunakan e-learning juga tetap diimbangi dengan alternatif media lain untuk menunjang semangat peserta didik mengingat e-learning adalah produk baru maka guru-guru melakukan berbagai inovasi pembelajaran. Beberapa alternatif pembelajaran seperti Youtube, zoom, facebook, google forms, google meet, google classroom, watshapp dan media lainnya dijadikan sebagai media belajar yang semata-mata bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar siswa.   

Dengan adanya inovasi pembelajaran jarak jauh di MAN 7 Jombang tersebut, salah satu guru MAN 7 Jombang berhasil maraih juara harapan 1 di lomba Peringatan Hari Ulang Tahun PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yang ke-75 dan Hari Guru Nasional 2020 yang diadakan oleh PGRI Cabang Jombang pada bulan November tahun 2020. Inovasi pembelajaran jarak jauh tersebut menggunakan media Youtube yang sudah diisi materi dan diupload ke internet. Berdasarkan evaluasi penggunaan Youtube tersebut, guru mata pelajaran merasa lebih efektif dan efisien baik kuota maupun memori handphone, mengingat semua mata pelajaran mengharuskan mengakses internet. Selain itu, banyak dari siswa yang tidak kesulitan untuk mengikuti pembelajaran, jadi kemungkinan siswa tidak mengikuti materi pembelajaran sangat sedikit.

Selain menggunakan media Youtube dan media alternatif pembelajaran diatas, guru masih harus dituntut mendorong siswa agar tetap termitavasi belajar dan semangat berprestasi. Mengingat motivasi adalah bagian penting dari sebuah tindakan, sehingga usaha belajar yang selama ini dilakukan nanti akan berdampak positif bagi masa depan siswa-sisiwi MAN 7 Jombang.

Daftar Pustaka

Surat Edaran Kementerian Agama melalui Surat Nomor B-686.1/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/03/2020 tentang Mekanisme Pembelajaran dan Penilaian Madrasah dalam Masa Darurat Pencegahan Penyebaran Covid-19

Fahmanisa, U. (2016). Tips Memahami Peserta Didik. Bandung: Boenz Enterprise

Saccharosa, (2016). Pengembangan Buku Digital Sebagai Media Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian.  Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, (1-16) Edisi 3