Ni'matur Rohmah : Peraih Juara Essay Nasional Nursing Day Celebration

MAN 7 Jombang – Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Ungkapan ini, nampaknya cocok disandangkan pada sosok Ni’matur Rohmah siswi MAN 7 Jombang yang aktif mengikuti event, kompetisi dan lomba dalam bidang riset serta karya tulis ilmiah. Ia mengasah bakatnya melalui ekstrakulikuler KIR yang dibimbing ibu Abrianti Pradita Widya Sakta, S.Si. Ia dapat meraih juara 3 essay nasional “Nursing Day Celebration” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Lomba essay ini diikuti oleh peserta tingkat pelajar SMA/SMK/MA dan juga tingkat mahasiswa dengan tema menjaga kesehatan mental dalam maraknya kasus pelecehan seksual.

Sesuai dengan tema, Ni’matur Rohmah mengirimkan essay dengan judul Revitalisasi Pembacaan Shalawat Everyday Sebagai Benteng Perlindungan Diri Dari Kejahatan Pelecehan Seksual. Dalam tulisannya, Ni’matur Rohmah menguraikan bahwa dengan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, tidak akan memimbulkan kerugian bahkan dengan bersholawat, kita senantiasa dikelilingi oleh berbagai kebaikan dalam hidup, antara lain : sebagai bentuk mengamalkan perintah Allah SWT. Allah SWT memerintahkan hambaNya yang beriman untuk senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, sebagaimana diterangkan dalam QS. Al-Ahzab ayat 56. Kedua, Dihindarkan dari kesusahan dunia maupun di akhirat. Dengan membaca sholawat, maka Allah akan menghindarkan dari semua keburukan, kejahatan, maupun kesusahan baik di dunia dan di akhirat. Sehingga senantiasa dalam kehidupan yang tenang, aman dan nyaman. Ketiga, menenangkan hati dan membersihkan jiwa dari energi negatif. Bagi pembaca sholawat, akan mendapatkan ketengan hati, sehingga seseorang tidak mudah untuk emosi terhadap masalah yang menimpanya serta tidak takut dan selalu tenang dalam menghadapi segala masalah, karena dengan bersholawat dia akan senantiasa dalam kebaikan dan lindungan Allah.

Ni’matur Rohmah juga menjelaskan bahwa bersholawat bagi perempuan selain sebagai sarana perlindungan diri, memperkuat mental serta memberikan rasa aman dalam melakukan suatu hal. Bersholawat juga sangat bermanfaat sebagai proses healing bagi korban pelecehan seksual. Bagi laki-laki, bersholawat dapat menjadi benteng diri agar tidak melakukan hal – hal tercela sehingga tindak pelecehan seksual tidak terjadi.

Tulisan Ni’matur Rohmah ini menjadi pengingat dan memberikan contoh kepada kita sebagai warga madrasah bahwa sangat penting sekali mengingat Allah dan RosulNya dimanapun kita berada agar kita senantiasa berakhlakul mahmudah dan tidak melakukan hal – hal yang tercela. (ad/H)