Siswa MAN 7 Jombang Raih Juara Lomba Tartil Al Qur'an Virtual Ramadhan 1443 H

MAN 7 Jombang (23/4/22)- Syukur alhamdulillah, satu lagi prestasi yang ditorehkan oleh siswa – siswi MAN 7 Jombang. Setelah Tim Al Banjari Al Ikhlas meraih juara harapan 2 di Festival Al Banjari tingkat provinsi, kini satu prestasi berhasil diraih oleh ananda Khotibus Syafiulloh Abdul Jalal dari Lomba Tartil Al Qur’an Virtual Ramadhan 1443 H yang diselenggarakan oleh Jawa Pos Radar Jombang.

Lomba yang diikuti oleh 333 peserta dari jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK/MA sederajat ini di mulai dari sesi seleksi pada 30 Maret hingga 15 April 2022 secara virtual dengan mengirimkan video kepada panitia. Setiap siswa atau santri yang mengikuti lomba diharuskan mengisi formulir pendaftaran. Untuk tahap seleksi peserta bebas memilih surat yang dibaca mulai dari surat Ad Dhuha hingga An Nash. Setelah peserta melalui tahap seleksi, dipilihlah 24 peserta terbaik sebagai finalis. Peserta yang lolos sebagai finalis akan diseleksi lagi oleh juri untuk memperebutkan juara. Final Lomba Tartil Al Qur’an Virtual Ramadhan 1443 H dilaksanakan di kantor Jawa Pos Radar Jombang Jalan Airlangga 10 Jombang, digelar dengan meriah.

”Hari ini final, peserta harus hadir tepat waktu, kalau bisa 30 menit sebelum kegiatan dimulai,” ucap M Ali Syaifuddin ketua panitia lomba. Pelaksanaan final bakal dimulai pukul 12.30 WIB seperti yang dilaporkan Radar Jombang kemarin (23/4/22).

Surat yang akan dibaca finalis ditentukan tim juri secara acak. Untuk jenjang SMP/MTs, surat dari juz 1 sampai juz 5. Sedangkan untuk jenjang SMA/SMK/MA mulai juz 1 sampai juz 10. Peserta tetap diberi kesempatan untuk latihan, maksimal 6 menit, karena maqra diambil 6 menit sebelum tampil. Saat peserta pertama tampil, peserta kedua mengambil jatah, begitu seterusnya. Penampilan dibatasi maksimal 6 menit.

Dari MAN 7 Jombang mengirimkan 2 peserta atas nama Zazidan dan Khotibus. Namun yang masuk ke babak final hanya Khotibus sebagai salah satu peserta dari madrasah Aliyah. Limpahan dukungan dari segala pihak baik teman – teman maupun keluarga serta doa dari bapak dan ibu guru akhirnya menuaikan hasil. Sehingga ananda Khotibus dapat meraih juara harapan 2.

Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Begitu pula sosok Khotibus Syafiulloh Abdul Jalal sebagai siswa kelas 10, ia sudah menunjukkan semangat untuk berprestasi.(H/ad)