SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAGI GURU DI MAN 7 JOMBANG

Kab. Jombang (MAN 7) – MAN 7 Jombang gelar kegiatan Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar bagi Guru bersama H. Agus Pramukantoro, S.Pd. M.Pd.I dan Drs. H. Sundusin, M.Pd.I selaku pengawas madrasah di Aula MAN 7 Jombang, Kamis (07/7). Penerapan kurikulum Merdeka mengacu pada KMA Nomor 347 Tahun 2022 tentang pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah.

Agus Pramukantoro menjelaskan bahwa kurikulum merdeka merupakan bentuk pembelajaran fleksibel sehingga selaras dengan semangat kemandirian madrasah, diantaranya : (1) pemerintah menetapkan kurikulum minimum, prinsip pembelajaran, asesmen, serta madrasah dapat mengembangkan program dan kegiatan tambahan sesuai visi, misi, dan sumber daya yang tersedia (2) madrasah dan pendidik memiliki keleluasaan untuk mengorganisasikan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa dan konteks lokal.

Adapun perbedaan penerapan kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka di madrasah yaitu kurikulum 2013, penerapannya terstruktur pada standart isi, kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD). Sedangkan pada kurikulum merdeka penerapannya fokus pada standart isi dan capaian pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah dengan memberi kewenangan kepada madrasah untuk melakukan kreasi dan inovasi. Dalam struktur kurikulum merdeka 20 – 30 persen jam pembelajaran digunakan untuk pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila Rohmatan Lil Alamin melalui pembelajaran berbasis projek.

Materi sosialisasi dilanjutkan oleh pria yang akrab disapa Sundusin.  Dalam penjelasannya, ia menguraikan cara mengaplikasikan kurikulum merdeka dalam perangkat pembelajaran. Dimulai dari menentukan capaian pembelajaran dan menentukan jenis fase. Setelah menentukan capaian pembelajaran dan fasenya, pendidik kemudian menyiapkan tujuan pembelajaran (TP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP).

 “Dalam satu kelas dapat menggunakan capaian pembelajaran (CP) yang berbeda tergantung kemampuan peserta didik. Peserta didik dengan kebutuhan khusus dapat mengikuti pembelajaran dengan peserta didik lain dalam satu kelas yang sama dengan syarat capaian peembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan siswa itu.”  Tutur Sundusin ketika menjelaskan tentang hubungan capaian pembelajaran dengan peserta didik.

Kegiatan sosialisasi selesai pukul 12.00 WIB dengan hasil para pendidik dapat menentukan capaian pembelajaran (CP), tujuan pembelajaran (TP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP) pada setiap mata pelajaran. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para pendidik MAN 7 Jombang siap menyongsong penerapan kurikulum merdeka 2023. (Hms)

Bagikan :

Artikel Lainnya

Kecamatan Ngusikan Gelar Sambuta...
Galins (MAN 7) – Kirab Api Pekan Olahraga Provinsi (Porp...
Pelantikan Pengurus OSIM 2023/2024
Jombang, 2 Oktober 2023 – Suasana penuh semangat dan ant...
SEMARAK PERINGATAN HARI SANTRI N...
Kab. Jombang (MAN 7) – Peringatan Hari Santri Nasional m...
SEMARAK 17 AGUSTUS 2023
SEMARAK PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-78 KEMERDEKAAN RI DI MA...
Juara 1 Festival Band Pelajar Ti...
D’Roses Band berasal dari sekolah MAN 7 Jombang meraih j...
PESERTA DIDIK MAN 7 JOMBANG REBU...
Kab. Jombang (MAN 7) – Tiga kader prestasi MAN 7 Jombang berha...